Belakangan saya sedikit merasa bosan dengan sosial media dunia maya yang saya miliki. Saya merasa orang-orang yang saya follow di Twitter, khususnya selebtwit, tidak semenarik dulu. Kalau mau balik ke Facebook yang saya lihat hanya promosi barang jualan lewat tag foto atau ajakan untuk menggunakan applikasi tertentu. Makanya saya hanya menggunkan Twitter kalau memang benar-benar ada waktu luang.

Prinsip saya dalam menggunakan media sosial dunia maya adalah bersenang-senang dan untuk mengetahui informasi terkini, sehingga alasan saya masih menggunakan Twitter dan Facebook ialah untuk bersenang-senang dengan teman-teman dan mengentahui informasi terkini khususnya dalam negeri lewat akun portal berita.

Singkat ceritanya ditengah kejenuhan, saya memulai menjelajahi media sosial Youtube. Mungkin Youtube bukan situs baru, juga mungkin hal yang akan saya sampaikan bukan sesuatu yang baru, namun saya cukup yakin sebagian pengguna situs Youtube hanya di gunakan untuk mencari video-video tertentu, misalnya musik, film dan sejenisnya. Dalam blog ini saya mau bercerita mengenai beberapa channel Youtube bergenre komedi yang saya subscribe dan ampuh dalam mengatasi kobosanan saya dengan media sosial twitter dan Facebook belakangan ini.

Subcribe di Youtube pada dasarnya seperti Follow di Twitter, jadi kita selalu dapat mengetahui apakah chaneel yang kita subscribe mem-posting video baru. Adapun beberapa channel Youtube yang saya subcribe dan tak ada salahnya untuk di tonton antara lain:

1. edbassmaster

Edbassmaster adalah channel youtube mengenai video-video prank yang menggunakan ide-ide segar. Berbeda dengan materi-materi video prank lain, Edbassmaster menggunakkan karakter-karakter tertentu dalam berinteraksi dengan orang lain. Ada tokoh Skippy yang mempunyai karakter orang tua yang lugu, Mumble orang dari country dengan logat country US yang kental namun sengaja dibuat tidak jelas, Hackers seorang yang urakan, dll. Yang membuat menarik seluruh karakter yang ada di perankan oleh satu orang. Apabila anda ingat dengan reality show Pandji yang “Kena Deh”, dimana Pandji menjadi berperan menjadi beberapa karakter dan menanyai orang, nah hampir serupa dengan edbassmaster, namun bedanya ini video Prank.

2. KassemG

Channel KasseG adalah channel dimana Kassem seorang komedia dari US mewawancara orang-orang di pantai Venice California mengenai topik-topik tertentu. Yang membuat channel ini menarik ialah bagaimana Kassem cukup lihai untuk membuat sesi interview lucu dan kadang vulgar. Ya, memang beberapa topik wawancara yang dibahas merupakan topik dewasa. Saya punya keyakinan kalau Kassem ini adalah orang yang pandai dalam membaca gerak tubuh dan latar belakang seseorang hanya dari cara berbicara seseorang. Sehingga tak jarang orang yang diwawancarainya kaget apabila Kassem menebak kepribadian orang yang di wawancarai tersebut. Sayang channel KassemG ini memposting video tiap 3 sampai 4 minggu sekali, yang saya rasa interval waktu yang cukup lama.

(Peringatan: Pembicaraan-pembicaraan di channel ini bisa sangat vulgas, malah di beberpaa episode, ada wawancara khusus dengan bintang-bintang film porno US :D)

3. RayWilliamJohnson

RayWilliamJohnson merupakan channel Youtube dengan jumlah subscriber terbanyak, yakni lebih dari 5.800.000 orang. Tak heran tiap kemunculan episode 2 kali seminggu channel ini, selalu muncul di layar home screen situs youtube.com. Konsep channel ini adalah Ray William Johnson (RWJ), sang host, me-review 3 video amatir yang tengah populer di Youtube. Gaya bahasa dan sudut pandang review yang di kunakan RWJ sangat unik dan tidak biasa membuat channel ini sangat menghibur. Tak jarang video yang di review oleh RWJ mendadak memiliki tinggat viewers melonjak. RWJ juga mempunya channel lain bernama  YourFavoriteMartian yakni channel berisi band Animasi diamana RWJ menjadi penyanyinya. Lagu-lagu mereka sangat bagus menurut saya dengan tema-tema yang konyol.

4. LifeAccordingToJimmy

Channel LifeAccordingToJimmy merupakan channel youtube berisi film-film pendek Jimmy, teman-temanya dan ide-ide konyol mereka mengenai suatu hal tertentu.  Tema-tema video di channel ini cukup random, begitu juga adegan-adegannya, jadi agak susah untuk menceritakannya yang jelas seputaran kehidupan anak muda di US. Langsung aja klik channel youtube LifeAccordingToJimmy dan cari tahu sendiri.

5. TimothyDeLaGhetto2

TimothyDeLaGhetto2 merupakan channel ke dua Timothy, seorang pemuda keturunan Thailand yang lama tinggal di California. Mirip dengan channel LifeAccordingToJimmy, channel ini berisi film-film pendek dengan tema yang sangat random. Namun karakter Timothy disini adalah orang yang sangat cabul, sehinggat pastikan menonton video di channel ini tidak bersama papa-mama kalian disebelah 😀

6. Malesbangetdotcom

Mereka yang ABG di tahun 2000an pasti tau lah malesbangetdotcom. Anak twitter juga kemungkinan besar tau. CMIIW malesbangetdotcom mungkin channel youtube dari Indonesia yang paling produktif dan terkenal dalam membuat video. Sama seperti situsnya dan “tips-tips” mereka, video-video di channel malesbangetdotcom tidak kalah absurdnya. Yang menarik dari channel ini adalah tema-tema video yang tersegmentasi dengan bagus. Video favorite saya di channel ini adalah Telemakita, yakni parody wawancara yang di pandu Teten Menheten berbicara mengenai telematika bersama Pak Boy Surya, yang sangat sok tau mengenai telematika. Terkahir menjelang Pilgub DKI, Teten Menhenten dan Boy Surya ikut bursa pencalonan Gubernur DKI, absurd kan?

6. radityadika

Semua pasti kenal dengan Radityadika, pengarang buku juga seorang komik. Jujur saja, saya kurang tertarik dengan buku dan materi stand up radityadika namun film-film pendek Malam Minggu Miko di channel ini benar-benar segar. Tema film pendek Malam Minggu Miko ini simple, yaitu mengenai dua pemuda yang tinggal dalam satu rumah dalam menghadapi malam minggu. Miko yang diperankan Raditya Dika, memiliki karakter, seperti yang kita tau jomblo dan tak tau bagaimana pacaran. Sebaliknya  dan teman baik Miko, Rian merupakan sosok pria dengan jam terbang pacaran yang cukup tinggi. Malam Minggu Miko sepertinya proyek baru Radityadika, terlihat baru 2 video yang ada di channel ini. Jadi belum terlalu terlambat untuk ngikutin dari awal.

Nah, jadi Youtube bukan sekadar situs buat nonton video clip lagu. Coba subscribe channel-channel yang ada sesuai selera lumayan buat mengisi waktu kalau bosan dengan Twitter dan Facebook.

Follow and Like